HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK TUNAS KAWANUA WINANGUN KOTA MANADO
PDF

Keywords

Pola Asuh
Perkembangan
Personal Sosial
Anak Pra Sekolah

How to Cite

Dalia Novitasari. (2019). HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK TUNAS KAWANUA WINANGUN KOTA MANADO. Graha Medika Nursing Journal, 2(2), 1 - 10. Retrieved from https://journal.iktgm.ac.id/index.php/nursing/article/view/42

Abstract

Perkembangan personal adalah proses perubahan sosial secara berkelanjutan pada anakanak di mana anak-anak belajar mandiri, berinteraksi dan bersosialisasi dengan lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan personal sosial pada anak usia prasekolah di TK Tunas Kawanua Winangun Kota Manado.

Jenis penelitian menggunakan deskriptif analitik “cross sectional study”. Populasi penelitian adalah orang tua yang memiliki anak usia prasekolah di TK Tunas Kawanua Winangun Kota Manado ini berjumlah 41 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Analisis Data menggunakan uji chi-square dengan program computer.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 41 responden adalah orang tua dengan gaya pengasuhan demokratis 25 orang (61%) mempunyai anak dengan perkembangan pribadi sosial yang baik sebanyak 15 orang (36,6%) dan perkembangan pribadi sosial tidak baik sebanyak 10 orang (24,2%), dimana orang tua dengan pola asuh otoriter 16 orang (39%) mempunyai anak dengan perkembangan sosial yang baik sebanyak 1 orang (2,4%) dan perkembangan sosial pribadi tidak baik sebanyak 15 orang (36,6%). Hasil analisis diperoleh nilai p = 0,001 (<0,05).

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan personal sosial pada anak usia prasekolah di TK Tunas Kawanua Winangun Kota Manado. Saran untuk responden diharapkan untuk memberikan pengasuhan yang tepat sehingga anak-anak mencapai perkembangan optimal dan untuk mengevaluasi setiap tindakan perkembangan anak.

PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Copyright (c) 2019 Array