HUBUNGAN ANTARA PERAN PETUGAS KESEHATAN DENGAN CAKUPAN IMUNISASI PADA BAYI USIA 9-12 BULAN DI PUSKESMAS BOHABAK DAN PUSKESMAS BOROKO
PDF

Keywords

Petugas Kesehatan
Cakupan Imunisasi

How to Cite

Dikrianza Mamonto, Amatus Yudi Ismanto, & Siska Sibua. (2019). HUBUNGAN ANTARA PERAN PETUGAS KESEHATAN DENGAN CAKUPAN IMUNISASI PADA BAYI USIA 9-12 BULAN DI PUSKESMAS BOHABAK DAN PUSKESMAS BOROKO. Graha Medika Nursing Journal, 2(2), 11 - 17. Retrieved from https://journal.iktgm.ac.id/index.php/nursing/article/view/46

Abstract

Latar belakang: Petugas kesehatan yang melaksaanakan pelayanan langsung kepada bayi dan balita sangat dianjurkan untuk melakukan pelayan yang baik hal ini untuk mencapai target yang sudah ditetapkan pemerintah.Imunisasi adalah usuaha untuk memberika kekebalan tubuh terhadap penyakit infeksi kepada bayi anak dan orang dewasa. Imunisasi merupakan reaksi antar antigen dan antibody-antibody, yang dalam ilmu imunologi merupakan kuman atau racun.

Tujuan penelitian:Untuk mengetahui hubungan antara peran petugas kesehatan dengan cakupan imunisasi pada bayi usia 9-12 bulan di Puskesmas Bohabak dan Puskesmas Boroko Tahun 2019.

Metode penelitian:Rancangan penelitian ini menggunakan Survey Analitik untuk menggali bagaimana dan mengapa fenomena kesehatan. Pendekatan yang digunakan adalah cross sectional yaitu dengan melakukan pengukuran yaitu peran petugas kesehatan dan cakupan imunisasi.

Hasil Peneitian:hasil menunjukan bahwa responden yang memiliki peran petugas kesehatan dengan kategori baik dan memiliki cakupan imunisasi tercapai ada sebanyak 23 orang (69.7%). Hasil menunjuakn bahwa p value 0,001 < 0,05.

Kesimpulan:terdapat hubungan antara peran petugas kesehatan dengan cakupan imunisasi pada bayi usia 9-12 bulan di Puskesma Bohabak dan Puskesmas Boroko.

PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Copyright (c) 2019 Array