PENGARUH TERAPI BERMAIN PUZZLE TERHADAP TINGKAT KECEMASAN ANAK USIA PRASEKOLAH AKIBAT HOSPITALISASI DI RUANG ANAK RSUD KOTA KOTAMOBAGU
PDF

Keywords

Terapi Bermain
Tingkat Kecemasan
Hospitalisasi

How to Cite

Thalia Kusmia A. Sulaeman, Amatus Y Ismanto, & Heriyana Amir. (2019). PENGARUH TERAPI BERMAIN PUZZLE TERHADAP TINGKAT KECEMASAN ANAK USIA PRASEKOLAH AKIBAT HOSPITALISASI DI RUANG ANAK RSUD KOTA KOTAMOBAGU. Graha Medika Nursing Journal, 2(2), 18 - 26. Retrieved from https://journal.iktgm.ac.id/index.php/nursing/article/view/48

Abstract

Hospitalisasi pada anak merupakan suatu proses karena suatu alasan berencana atau darurat yang mengharuskan anak untuk tinggal di rumah sakit untuk menjalani terapi dan perawatan sampai pemulangan kembali ke rumah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi bermain puzzle terhadap tingkat kecemasan anak usia prasekolah akibat hospitalisasi diruang anak RSUD Kota Kotamobagu.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimental dengan menggunakan rancangan penelitian pre eksperimental design dengan rancangan one grup pretestpostest. Jumlah sampel sebanyak 30 pasien anak, pengambilan sampel teknik Accidental Sampling dengan menggunakan Uji Wilcoxon Signed Ranks Test.

Adanya pengaruh yang signifikan pengaruh terapi bermain puzzle terhadap tingkat kecemasan anak usia prasekolah akibat hospitalisasi dengan hasil P-Value sebesar 0,000 atau lebih kecil dari α 0,05.

Adanya pengaruh terapi bermain puzzle terhadap tingkat kecemasan anak usia prasekolah akibat hospitalisasi diruang anak RSUD Kota Kotamobagu. Disarankan untuk pelayanan keperawatan agar dapat meningkatkan pelayanan kesehatan pada anak khususnya yang sedang di hospitalisasi.

PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Copyright (c) 2019 Array