HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU MEROKOK PADA SISWA SMP NEGERI 9 KOTAMOBAGU
PDF

Keywords

Pengetahuan
perilaku merokok
remaja

How to Cite

Sintia Mamonto, Grace I.V. Watung, & Suci Rahayu Ningshi. (2019). HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU MEROKOK PADA SISWA SMP NEGERI 9 KOTAMOBAGU. Graha Medika Nursing Journal, 2(2), 43 - 49. Retrieved from https://journal.iktgm.ac.id/index.php/nursing/article/view/53

Abstract

Latar Belakang: Rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang 70 hingga 120 mm (bervariasi) dengan diameter sekitar 10 mm. Di dalamnya berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Untuk menikmatinya salah satu ujung rokok dibakar dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lain.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui "Hubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Merokok Pada Siswa Di SMP Negeri 9 Kotamobagu”.

Metode: Jenis penelitian ini observasional analitik dengan rancangan Cross Sectional. Total populasi 218 Siswa terdaftar Di SMP Negeri 9 Kotamobagu, dan Sampel yang digunakan diambil dengan cara Simple Random Sampling yaitu 40 resoponden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Selanjutnya data yang terkumpul diolah menggunakan Uji Chi-Square dengan tingkat signifikan α = 0,05 jika ƥ value < 0,05.

Hasil: Hasil Penelitian ada Hubungan Hubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Merokok Pada Siswa Di SMP Negeri 9 Kotamobagu dengan nilai ƥ value = 0,002.

Saran: Saran Diharapkan penelitian ini menambah wawasan siswa tentang bahaya dari merokok dan agar tidak terpengaruh dengan lingkungan yang akan mengajak pada perilaku merokok.

PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Copyright (c) 2019 Array