UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG GASTRITIS MELALUI PENDIDIKAN KESEHATAN DI SMA NEGERI 1 LOLAK
PDF

Keywords

Pengetahuan Siswa Tentang Gastritis
Pendidikan Kesehatan

How to Cite

Omega Jenni Aghogho, Jon W. Tangka, & Ridwan Hamid. (2019). UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG GASTRITIS MELALUI PENDIDIKAN KESEHATAN DI SMA NEGERI 1 LOLAK. Graha Medika Nursing Journal, 2(2), 50 - 57. Retrieved from https://journal.iktgm.ac.id/index.php/nursing/article/view/54

Abstract

Latar Belakang: Nyeri ulu hati masih sering di alami oleh siswa yang datang melakukan pengecekan di UKS. Sementara pengetahuan mereka tentang gangguan pencernaan khususnya di lambung masih belum di ketahui.

Tujuan: Tujuan Penelitian ini untuk mendapatkan gambaran upaya peningkatan pengetahuan siswa tentang gastritis melalui pendidikan kesehatan di SMA Negeri 1 Lolak.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen dengan design pre post test. Pada 47 siswa kelas X cara pengambilan sampel secara purposive sampling. Data menggunakan kuesioner pengetahuan dianalisa dengan menggunakan analisis univariat dan bivariatdengan uji Wilcoxon signed rank test. Hasil: Hasil penelitian pada Tingkat pengetahuan siswa sebelum di berikan perlakuan umumnya pada kategori kurang (70,2 %) setelah di lakukan perlakuan umumnya pada kategori baik (80,9 %). Uji lebih lanjut terbukti ada peningkatan pengetahuan siswa tentang gastritis melalui pendidikan kesehatan di SMA Negeri 1 Lolak (p value 0,002 ; α 0,05)

Kesimpulan: Kesimpulan penelitian ini adalah Terjadi peningkatan pengetahuan siswa tentang gastritis melalui pendidikan kesehatan di SMA Negeri 1 Lolak.

Saran: Saran penelitian ini perlu pendidikan kesehatan secara berkelanjutan setiap kelas.

PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Copyright (c) 2019 Array