HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU DENGAN PELAKSANAAN INISIASI MENYUSUI DINI PADA IBU PRIMIPARA DI RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK KASIH IBU MANADO TAHUN 2018
PDF

Keywords

Pengetahuan
Sikap dan Pelaksanaan IMD

How to Cite

Siska Nova Sibua. (2019). HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU DENGAN PELAKSANAAN INISIASI MENYUSUI DINI PADA IBU PRIMIPARA DI RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK KASIH IBU MANADO TAHUN 2018. Graha Medika Nursing Journal, 2(1), 1 - 9. Retrieved from https://journal.iktgm.ac.id/index.php/nursing/article/view/59

Abstract

Inisiasi menyusu dini merupakan awal bagi bayi untuk menyusu sendiri segera setelah lahir, hal ini sangat penting dilakukan karena dengan inisiasi menyusu dini dapat menyukseskan pemberian ASI eksklusif. Dalam pelaksanaannya, inisiasi menyusu dini masih jarang dilaksanakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu dengan Pelaksanaan Inisiasi Menyusui Dini pada ibu primipara di Rumah Sakit Ibu dan Anak Kasih Ibu Manado.

Jenis penelitian yang digunakan adalah pada penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional study. Populasi pada penelitian ini yaitu ibu primipara di Rumah Sakit Ibu dan Anak Kasih Ibu Manado yang ditentukan dengan menggunakan metode total sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 responden. Data dianalisa dengan menggunakan uji statistik chi-square dengan tingkat kemaknaan 95 % (α) : 0,05.

Berdasarkan hasil uji statistik dengan menggunakan chi-square untuk pengetahuan dengan Pelaksanaan Inisiasi Menyusui Dini pada ibu primipara di Rumah Sakit Ibu dan Anak Kasih Ibu Manado diperoleh nilai ρ-value = 0,002 lebih kecil dari nilai α = 0,05. Berarti H0. Dan untuk hasil uji chi-square hubungan sikap ibu dengan Pelaksanaan Inisiasi Menyusui Dini pada ibu primipara di Rumah Sakit Ibu dan Anak Kasih Ibu Manado diperoleh nilai ρ-value = 0,000 lebih kecil dari nilai α = 0,05. Berarti H0 diterima.

Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Pengetahuan ibu primipara tentang pelaksanaan IMD di RSIA Kasih Ibu Manado sebagian besar baik dan Sikap ibu primipara tentang pelaksanaan IMD di RSIA Kasih Ibu Manado sebagian besar kurang baik. Diharapkan tenaga kesehatan dapat memberikan bimbingan pada ibu bersalin untuk meningkatkan pengetahuan tentang inisiasi menyusu dini karena pengetahuan inisiasi menyusu dini akan meningkatkan pelaksanaan praktek IMD, dan pihak rumah sakit dapat lebih menginformasikan kepada ibu hamil mengenai pentingnya pelaksanaan inisiasi menyusu dini.

PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Copyright (c) 2019 Array