HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA ANAK USIA SEKOLAH KELAS V DAN VI DI SD NEGERI SINIYUNG KECAMATAN DUMOGA TIMUR
PDF

Keywords

Pengetahuan
Sikap
PHBS

How to Cite

Finni Fitria Tumiwa. (2019). HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA ANAK USIA SEKOLAH KELAS V DAN VI DI SD NEGERI SINIYUNG KECAMATAN DUMOGA TIMUR. Graha Medika Nursing Journal, 2(1), 10 - 18. Retrieved from https://journal.iktgm.ac.id/index.php/nursing/article/view/60

Abstract

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat adalah sekumpulan perilaku yang dipraktekkan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran yang menjadikan individu/kelompok dapat menolong dirinya sendiri dalam bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan derajat kesehatan anak usia sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada anak usia sekolah kelas V dan VI di SD Negeri Siniyung Kecamatan Dumoga Timur.

Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian analisis deskriptif, dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik total population, dengan jumlah sampel sebanyak 59 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan uji statistik yang digunakan yaitu uji Chi Squre dengan tingkat kemaknaan (α) : 0,05.

Hasil uji tentang hubungan faktor pengetahuan dengan perilaku hidup bersih dan sehat anak usia sekolah didapatkan nilai signifikan (p) = 0,003 selanjutnya nilai koefisien korelasi Chi Square adalah 0,001 menunjukkan kekuatan korelasi baik. Uji tentang hubungan faktor sikap dengan perilaku hidup bersih dan sehat anak usia sekolah didapatkan nilai signifikan (p) = 0,006 menunjukkan kekuatan korelasi baik.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan faktor pengetahuan dan sikap dengan perilaku hidup bersih dan sehat anak usia sekolah. Diharapkan bagi siswa SD Negeri Siniyung lebih memperhatikan lagi tentang perilaku hidup bersih dan sehat apalagi dalam pengetahuan bahkan sikap siswa tentang kebersihan dan kesehatan khususnya dalam faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku hidup bersih dan sehat anak usia sekolah.

PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Copyright (c) 2019 Array