HUBUNGAN KEPATUHAN PERAWAT DALAM MELAKSANAKAN CUCI TANGAN ENAM LANGKAH LIMA MOMEN DENGAN KEJADIAN PHLEBITIS DI RUMAH SAKIT UMUM PANCARAN KASIH GMIM MANADO
PDF

Keywords

Kepatuhan
Cuci Tangan
Phlebitis

How to Cite

Pricilya Margaretha Warwuru. (2019). HUBUNGAN KEPATUHAN PERAWAT DALAM MELAKSANAKAN CUCI TANGAN ENAM LANGKAH LIMA MOMEN DENGAN KEJADIAN PHLEBITIS DI RUMAH SAKIT UMUM PANCARAN KASIH GMIM MANADO. Graha Medika Nursing Journal, 2(1), 19 - 26. Retrieved from https://journal.iktgm.ac.id/index.php/nursing/article/view/61

Abstract

Kepatuhan perawat dalam melaksanakan prosedur tetap tindakan keperawatan, termasuk di dalamnya prosedur mencuci tangan, menjadi salah satu penentu keberhasilan pencegahan infeksi nosokomial Penyebab dari terjadinya infeksi phlebitis bisa disebabkan oleh hygiene petugas dan penunggu pasien yang kurang melakukan cuci tangan dengan benar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Kepatuhan Perawat Dalam Melaksanakan Cuci Tangan Enam Langkah Lima Momen Dengan Kejadian Phlebitis Di Rumah Sakit Umum Pancaran Kasih GMIM Manado.

Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian analisis deskriptif, dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional. Tehnik sampling yang digunakan adalah total sampling yaitu sebanyak 30 perawat. Dengan jumlah sampel sebanyak 59 responden. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi phlebitis (INS, 2006) dan lembar observasi pelaksanaan cuci tangan enam langkah lima momen. Dan uji statistik yang digunakan yaitu uji Chi Squre dengan tingkat kemaknaan (α) : 0,05.

Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa ada hubungan kepatuhan perawat dalam melaksanakan cuci tangan enam langkah lima momen dengan kejadian phlebitis di ruang rawat inap yeheskiel dan lukas rumah sakit umum pancaran kasih GMIM Manado.

PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Copyright (c) 2019 Array