HUBUNGAN TEKNIK ASEPTIK PERAWAT DENGAN KEJADIAN FLEBITIS PADA PASIEN YANG TERPASANG INFUS DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM GMIM PANCARAN KASIH MANADO
PDF

Keywords

Teknik Aseptik
Kejadian Flebitis

How to Cite

Grace Irene Viodyta Watung. (2019). HUBUNGAN TEKNIK ASEPTIK PERAWAT DENGAN KEJADIAN FLEBITIS PADA PASIEN YANG TERPASANG INFUS DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM GMIM PANCARAN KASIH MANADO. Graha Medika Nursing Journal, 2(1), 27 - 35. Retrieved from https://journal.iktgm.ac.id/index.php/nursing/article/view/62

Abstract

Flebitis yaitu infeksi oleh mikroorganisme yang dialami oleh pasien yang diperoleh selama dirawat di rumah sakit diikuti dengan manifestasi klinis yang muncul sekurangkurangnya 3x24 jam. Flebitis disebabkan oleh jenis cairan, vena lokasi pemasangan, teknik aseptik yang salah dan lama hari pemasangan. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan teknik aseptic dengan kejadian flebitis pada pasien di Ruang Rawat Inap RSU GMIM Pancaran Kasih Manado.

Penelitian ini menggunakan metode analitik observasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional yang dilakukan pada pasien yang terpasang infus dan berlangsung selama 3 bulan. Variabel bebas yaitu teknik aseptik sedangkan variabel terikat adalah kejadian flebitis. Data primer yang digunakan berjumlah 84 pasien yang terpasang infus. Data diolah dan dianalisis secara univariat, bivariat dengan uji chi square.

Hasil analisis univariat pasien yang terpasang infus di Ruang Rawat Inap RSU GMIM Pancaran Kasih Manado menunjukkan bahwa teknik aseptik pada umumnya baik 53,6%; sebagian besar pasien tidak mengalami flebitis 66,7%. Hasil analisis bivariat menunjukkan teknik aseptic (p=0,003) berhubungan dengan kejadian flebitis pada pasien yang terpasang infus.

Kesimpulan penelitian ini adalah teknik aseptic perawat di Ruang Rawat Inap RSU GMIM Pancaran Kasih Manado pada umumnya baik, pasien yang terpasang infus di Ruang Rawat Inap pada umumnya tidak flebitis; teknik aseptic berhubungan dengan kejadian flebitis pada pasien yang terpasang infus di Ruang Rawat Inap RSU GMIM Pancaran Kasih Manado.

Sebagai saran bagi perawat ruangan agar lebih memperhatikan SOP pemasangan infus untuk mengurangi kejadian flebitis. Perawat ruangan harus meningkatkan pengetahuan lewat pelatihan-pelatihan mengenai pengendalian dan pencegahan infeksi, pelatihan pencegahan infeksi nosokomial di rumah sakit.

PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Copyright (c) 2019 Array