FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KECEMASAN PADA LANSIA DI DESA BONGKUDAI INDUK KECAMATAN BONGKUDAI BARAT TAHUN 2016
PDF

Keywords

Lansia
Kecemasan

How to Cite

Richlany Mamonto. (2018). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KECEMASAN PADA LANSIA DI DESA BONGKUDAI INDUK KECAMATAN BONGKUDAI BARAT TAHUN 2016. Graha Medika Nursing Journal, 1(1), 46 - 54. Retrieved from https://journal.iktgm.ac.id/index.php/nursing/article/view/77

Abstract

Kecemasan tidak mengenal usia, akan tetapi semakin bertambah usia seseorang, semakin siap pula dalam menghadapi keadaan atau suatu masalah didalam diri individu tersebut. Kecemasan yang dialami lansia memiliki gejala-gejala yang sama dengan gejalagejala yang dialami oleh setiap orang hanya saja objek yang menyebabkan kecemasan itu yang berbeda dan lansia sering mengalami kecemasan dengan masalah-masalah yang ringan. Tujuan peelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan kecemasan pada lansia.

Metode penelitian ini menggunakan deskriptif analitik dengan jenis korelasional yaitu yang mengkaji hubungan antar variabel. Populasi yaitu semua lansia yang berusia >60 tahun berjumlah 175 orang. Sampel berjumlah 35 orang diambil dengan cara Purposive Sampling.

Hasil penelitian diperoleh dari 35 responden berdasarkan usia P Value 0,003 < 0,05 maka H0 ditolak, berdasarkan jenis kelamin P value 0,810 > 0,05 maka H0 diterima, berdasarkan pekerjaan p Value 0,298 > 0,05 maka H0 diterima dan berdasarkan dukungan keluarga p Value 0,002 < 0,05, maka H0 ditolak.

Kesimpulan ada hubungan antara Faktor usia dan faktor dukungan keluarga dengan kecemasan pada lansia di Desa Bongkudai Induk Kecamatan Modayag Barat. Untuk itu diharapkan agar keluarga selalu membina hubungan baik dengan lansia serta perlu adanya penyuluhan atau kegiatan yang dapat mencegah terjadinya kecemasan pada lansia.

PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Copyright (c) 2018 Array