PENGARUH PENYULUHAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN IBU DALAM MENANGANI DEMAM PADA ANAK DI DESA MOYAG TODULAN
PDF

Keywords

Penyuluhan Kesehatan
Tingkat Pengetahuan Ibu
Demam

How to Cite

Ake R.C Langingi, Hairil Akbar, & Henny Kaseger. (2020). PENGARUH PENYULUHAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN IBU DALAM MENANGANI DEMAM PADA ANAK DI DESA MOYAG TODULAN. Graha Medika Nursing Journal, 3(1), 1 - 9. Retrieved from https://journal.iktgm.ac.id/index.php/nursing/article/view/81

Abstract

Demam pada anak merupakan suatu keadaan yang sering menimbulkan kecemasan, stres, dan fobia bagi orangtua. Ketika anak demam orangtua seringkali melakukan upaya-upaya untuk menurunkan demam anak. Demam merupakan respon yang normal terhadap berbagai kondisi, penyebab demam paling banyak adalah infeksi mikroorganisme seperti virus, bakteri atau parasit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyuluhan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan ibu dalam menangani demam pada anak di Desa Moyag todulan.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimental dengan menggunakan rancangan penelitian pre eksperimental design dengan rancangan one grup pretestpostest. Jumlah sampel sebanyak 30 pasien anak, pengambilan sampel teknik Accidental Sampling dengan menggunakan Uji Wilcoxon Signed Ranks Test.

Adanya pengaruh yang signifikan pengaruh penyuluhan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan ibu dalam menangani demam pada anak dengan hasil P-Value sebesar 0,000 atau lebih kecil dari α 0,05.

Adanya pengaruh penyuluhan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan ibu dalam menangani demam pada anak di desa moyag todulan. Disarankan dapat memberikan informasi tentang pengaruh penyuluhan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan ibu dalam menangani demam pada anak

PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Array