HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA DENGAN PENANGANAN PERTAMA PADA SISWA SINKOP DI KELAS IX MAN 1 KOTAMOBAGU
PDF

Keywords

Sinkop
Pengetahuan
Sikap
Penganan Pertama

How to Cite

Wiranda Mokoagow, Grace I. V.Watung, & Siska Sibua. (2020). HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA DENGAN PENANGANAN PERTAMA PADA SISWA SINKOP DI KELAS IX MAN 1 KOTAMOBAGU. Graha Medika Nursing Journal, 3(1), 10 - 17. Retrieved from https://journal.iktgm.ac.id/index.php/nursing/article/view/82

Abstract

Sinkop adalah kejadian masalah klinis yang selalu terjadi di lingkunagan sekolah dan sering terjadi secara mendadak yang menyebabkan seseorang jatuh.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap siswa dengan penanganan pertama pada siswa sinkop di kelas XI MAN 1 Kotamobagu. penelitian ini menggunakan metode cross sectional dengan sampel 81 siswa yang ada di kelas XI MAN 1 Kotamobagu

Metodologi yang digunakan pada penelitian ini yaitu jenis penelitian noneksperimental dengan metode kuantitatif dan bersifat deskriptif analitik yang hakikatnya merupakan penelitian atau hubungan antara dua variabel pada suatu situasi. Pendekatan waktu yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross sectional study dengan menggunakan uji chi square.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan siswa dengan penanganan pertama pada siswa sinkop dengan hasil p value=0,014 <0,005. Terdapat hubungan antara sikap dengan penanganan pertama pada siswa sinkop dengan hasil p value=0,000 <0,005.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada hubungan pengetahuan dan sikap siswa dengan penanganan pertama pada siswa sinkop.

Berdasarkan penelitian ini diharapkan dari pihak sekolah dan guru-guru agar menanamkan pengetahuan penanganan sinkop bagi seluruh siswanya dan menyisipkanya di setiap bahan mata ajar di sekolah.

PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Array