Abstrak
Latar Belakang: Kinerja suatu layanan kesehatan dalam memberikan kualitas pelayanan yang memuaskan pasien menjadi sangat penting bagi masyarakat. Pandangan pasien terhadap kepuasan pelayanan sangat penting karena pasien akan mematuhi pengobatan serta mau datang berobat kembali. Maka penting bagi penyelenggara layanan kesehatan untuk memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pasien.
Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Analisa data menggunakan metode Customer Satisfacton Index (CSI) merupakan suatu metode yang digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien dengan melihat tingkat kinerja dan tingkat kepentingan dari atribut-atribut jasa yang diukur. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pratama Bolaang Mongondow Timur yaitu sebanyak 175 orang. . Sampel dalam penelitian ini adalah 175 orang responden dengan menggunakan total sampling yaitu teknik pengambilan sampel dimana jumlah sampel sama dengan jumlah populasi.
Hasil: Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa hasil Customer Statisfaction Index (CSI) tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pratama Bolaang Mongondow Timur adalah sebesar 82.55 % dengan kategori sangat puas.
Kesimpulan: dapat disimpulkan bahwa hasil Customer Statisfaction Index (CSI) tingkat kepuasan pasien rawat jalan Rumah Sakit sangat puas.

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Hak Cipta (c) 2023 Array