Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien BPJS di Unit Rawat Inap RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa
PDF (English)

Cara Mengutip

Nur Alsabfitri Usmani, & Hasniar. (2023). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien BPJS di Unit Rawat Inap RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa. Graha Medika Public Health Journal, 2(1), 71-82. Diambil dari https://journal.iktgm.ac.id/index.php/publichealth/article/view/135

Abstrak

Latar Belakang: Rumah sakit sangat berperan terhadap mutu pelayanan kesehatan yang berdampak kepada masyarakat serta berperan strategis dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia. Rumah sakit dalam upaya tersebut memiliki karakteristik yang unik dan kompleks, padat modal, padat teknologi, dan padat karya dihadapkan pada tantangan untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang bersifat multi dimensi dengan berbagai kompleksitas masalah yang menyertai, termasuk masalah keselamatan pasien. Tujuan penelitian Untuk mengetahui gambaran mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien BPJS di instalasi rawat inap RSUD Syekh Yusuf Kab.Gowa.

Metode: Jenis penelitian Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pendekatan deskriptif.Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan Gambaran Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien BPJS di Instalasi Rawat Inap RSUD Syekh Yusuf Kab. Gowa Sedangkan Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien BPJS di ruang rawat inap RSUD Syekh Yusuf Gowa  yang berjumlah 970 orang pasien BPJS Sehingga besar sampel secara keseluruhan adalah 138 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu Purposive proportional random sampling. Analisis data menggunakan tabel sederhana/tabel frekuensi  

Hasil: Penelitian menunjukkan Konmunikasi dengan dokter (92,9%), komunikasi perawat  yang baik  (83,3%), daya tanggap petugas kesehatan yang baik (88,2%), komunikasi obat  yang baik (100%), lingkungan rumah sakit  yang baik (84,3%) dan pelayanan makanan  yang baik (83,3%).

Kesimpulan: Terdapat kepuasan pasien bpjs di unit rawat inap rsud syekh yusuf kabupaten gowa. Diharapkan kepada pihak manajemen RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa agar melaksanakan survey kepuasan pasien minimal setiap satu bulan sekali, hal ini bertujuan sebagai bahan evaluasi untuk mencapai pelayanan kesehatan yang lebih bermutu.

PDF (English)