PENGARUH EDUKASI PETUGAS KESEHATAN TERHADAP KEAKTIFAN LANSIA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN POSYANDU LANSIA DIWILAYAH KERJA PUSKESMAS KOTOBANGON
PDF

Keywords

Edukasi Petugas Kesehatan
Posyandu Lansia

How to Cite

Suci Rahayu Ningsih. (2018). PENGARUH EDUKASI PETUGAS KESEHATAN TERHADAP KEAKTIFAN LANSIA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN POSYANDU LANSIA DIWILAYAH KERJA PUSKESMAS KOTOBANGON. Graha Medika Nursing Journal, 1(1), 32 - 38. Retrieved from https://journal.iktgm.ac.id/index.php/nursing/article/view/75

Abstract

Latar Belakang : Posyandu lansia dalam penyelenggaraannya melibatkan peran serta para lansia, keluarga, tokoh masyarakat dan petugas kesehatan. Dalam hal pemberian edukasi tentang kesehatan tentunya, seorang petugas kesehatan dapat mengubah perilaku individu dan masyarakat di bidang kesehatam.

Tujuan : Untuk mengetahui Pengaruh Edukasi Petugas Kesehatan terhadap Keaktifan Lansia dalam mengikuti kegiatan Posyandu Lansia Di Wilayah Kerja Puskesmas Kotobangon.

Metode Penelitian : Deskritif analitik.dengan pendekatan Cross sectional, sampel penelitian ini dipilih diantara populasi yang memenuhi kriteria inklusi, pengambilan sampel dipilih dengan cara Aksidental sampling yaitu 42 sampel, metode analisa data dengan Uji t-test.

Hasil Penelitian : Uji t-test didapatkan bahwa terlihat nilai p-value = 0,000 α < 0,05, dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak maka ada Pengaruh Edukasi Petugas Kesehatan terhadap Keaktifan Lansia dalam Mengikuti Kegiatan Posyandu Lansia Di Wilayah Kerja Puskesmas Kotobangon.

Kesimpulan : Ada Pengaruh Edukasi Petugas Kesehatan terhadap Keaktifan Lansia dalam Mengikuti Kegiatan Posyandu Lansia Di Wilayah Kerja Puskesmas Kotobangon.

Saran : Hasil penelitian ini memberikan manfaaat edukasi petugas kesehatan sehingga dapat memotivasi lansia untuk meningkatkan keaaktifannya di posyandu lansia.

PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Copyright (c) 2018 Array