PENGARUH PEMBERIAN TERAPI TRADISIONAL TERHADAP KADAR ASAM URAT LANSIA DI DESA LOLAK KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW
PDF

Keywords

Terapi Tradisional
Asam Urat Lansia

How to Cite

Nurlinda Manangin. (2020). PENGARUH PEMBERIAN TERAPI TRADISIONAL TERHADAP KADAR ASAM URAT LANSIA DI DESA LOLAK KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW. Graha Medika Nursing Journal, 3(1), 35 - 47. Retrieved from https://journal.iktgm.ac.id/index.php/nursing/article/view/85

Abstract

Lansia (Lanjut Usia) adalah seseorang yang telah mencapai usia lebih dari 60 tahun dan sudah mengalami perubahan-perubahan dalam proses Aging (penuaan). Asam Urat adalah salah satu penyakit autoimun yang terjadi pada 0,1-0,5% populasi, dan tiga perempatnya adalah kaum perempuan. Asam Urat lebih cenderung diderita oleh mereka yang sudah berusia ≥40 tahun. Untuk menghidari efek samping penanganan kasus asam urat dengan menggunakan obat kimia dilakukan penanganan dengan memanfaatkan tumbuhan alami, murah dan mudah didapat serta bisa dengan hanya memanfaatkan halaman rumah. Tanaman yang dimaksud adalah Rimpang Jahe (Zingiber Officinale Roscoe), Kunyit (Curcuma Domestika Valeton) dan Sereh (Simbopongon Citratus).

Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian Eksperimental Design dengan metode pendekatan One Grup pre-test and post-tes. Pada penelitian ini teknik pengambilan sampel adalah dengan menggunakan teknik Purposif Sampling dengan jumlah semapel sebanyak 15. Penelitian ini menggunakan uji TDependen (Paraired T-tes) dengan menggunakan tingkat kemaknaan 95% dengan tingkat signifikan α = 0,05. Uji normalitas dalam penelitian ini menggunakan uji Kolmogorov Smirnov, yaitu bila hasil uji signifikan (p valute > 0,05) maka distribusi normal.

Hasil penelitian berdasatkan uji T-Dependen menunjukan Ada pengaruh pemberian terapi tradisional terhadap kadar asam urat lansia di Desa Lolak Kecamatan Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow Dengan nilai ρ Value 0,005 lebih kecil dari nilai signifikan ɑ= 0,05.

Saran peneliti yaitu Pemberian Terapi Tradisional (jahe, kunyit dan sereh yang disuguhkan dengan air panas) tidak boleh diberikan pada lansia dengan adanya penyakit penyerta seperti Hepertensi dan DM.

PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Array