PENGARUH SENAM LANSIA TERHADAP STABILITIAS TEKANAN DARAH PADA KELOMPOK LANSIA DI KELURAHAN GOGAGOMAN UPTD PUSKESMAS GOGAGOMAN
PDF

Keywords

Lansia
Tekanan Darah
Senam Lansia

How to Cite

Heriyana Amir. (2018). PENGARUH SENAM LANSIA TERHADAP STABILITIAS TEKANAN DARAH PADA KELOMPOK LANSIA DI KELURAHAN GOGAGOMAN UPTD PUSKESMAS GOGAGOMAN. Graha Medika Nursing Journal, 1(1), 1 - 9. Retrieved from https://journal.iktgm.ac.id/index.php/nursing/article/view/71

Abstract

Latar Belakang : Lanjut usia merupakan suatu proses yang alami dari tumbuh kembang. Lansia sering mengalami peningkatan tekanan darah. Senam lansia yang dilakukan secara teratur dapat memperlancar peredaran darah sehingga tekanan darah yang tinggi dapat kembali ke dalam batas normal.

Tujuan : Untuk mengetahui tekanan darah sebelum dan sesudah senam lansia serta pengaruh senam lansia terhadap stabilitas tekanan darah pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol.

Metode : Desain penelitian pre eksperimental dengan rancangan one group pretest and post test design, dan data yang dikumpulkan dari responden menggunakan lembar observasi. Sampel berjumlah 48 sampel, menggunakan teknik purposive sampling.

Hasil Peneltian : ada perbedaan stabilitas tekanan darah sebelum dan sesudah senam lansia pada kelompok intervensi dengan p value= 0,05, tidak ada perbedaan stabilitas tekanan darah sebelum dan sesudah senam lansia pada kelompok kontrol dengan p value= 1,00, dan selisih ada perbedaan stabilitas tekanan darah sebelum dan sesudah senam lansia pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol dengan p value= 0,025.

Kesimpulan : Terdapat pengaruh senam lansia terhadap stabilitas tekanan darah pada kelompok lansia di Kelurahan Gogagoman UPTD Puskesmas Gogagoman

Saran : Bagi masyarakat terlebih khusus para lanjut usia secara individu dapat terus melakukan senam lansia secara teratur.

PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Copyright (c) 2018 Array