PENGARUH MENGGAMBAR TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK AL-KHAIRAT KELURAHAN MOGOLAING
PDF

Keywords

Perkembangan Motorik Halus Sebelum Dan sesudah Di Berikan Motorik Halus Pada Anak usia Prasekolah

How to Cite

Ridwan Hamid. (2018). PENGARUH MENGGAMBAR TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK AL-KHAIRAT KELURAHAN MOGOLAING. Graha Medika Nursing Journal, 1(1), 19 - 25. Retrieved from https://journal.iktgm.ac.id/index.php/nursing/article/view/73

Abstract

Anak suka dengan mewarnai atau menggambar, ini menjadi sebuah keterampilan anak untuk menstimulus kemampuan sehingga anak bisa menuangkan imajinasi dan insiprasi secara alami, anak juga dapat mengekspresikan perasaannya dengan cara menggambar, ini berarti bisa mengalihkan perasaan anak yang tidak di temani oleh orang tua mereka pada saat di TK. Anak prasekolah adalah mereka yang berusia anatara 3-6 tahun, Mereka biasanya mengikuti program prasekolah dan kinderganten. Sedangkan di indonesia, umumnya mereka mengikuti tempat penitipan anak (3 bulan-5 tahun) dan kelompok bermain (usia 3tahu) sedangkan usia 4-6 tahun biasanya mereka mengikuti program taman kanak-kanak.

Tujuan Khusus: Diketahui perkembangan motorik halus sebelum, dan sesudah diberikan menggambar,Teranalisis pengaruh menggambar terhadap perkembangan motorik halus pada anak usia prasekolah di TK Al-Khairat kelurahan mongolaing, Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pra-Post test Design, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anakdi Ruangan Tk AL-Khairat Mogolaing, yang berumur 4- 6 tahun berjumlah 30 orang.

Hasil penelitian di dapatkan sebagian besar motorik halus pada anak prasekolah di TK Al-Khairat Kelurahan Mongolaing sebelum mengambar ada pada kategori lulus, sebagian besar motorik halus pada anak prasekolah di TK Al-Khairat Kelurahan Mongolaingsetelahmengambar ada pada kategori lulus dan Terdapat pengaruh menggambar terhadap perkembangan motorik halus pada anak usia prasekolah di TK AlKhairat Kelurahan MongolaingP=0,046.

PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Copyright (c) 2018 Array