HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP DALAM PENERAPAN HAND HYGIENE MENGGUNAKAN HANDRUB DI RUANGAN RAWAT INAP MELATI A DAN B UPTD RSUD KOTA KOTAMOBAGU
PDF

Keywords

Pengetahuan
Sikap Penerapan Hand Hygiene

How to Cite

Siti Resa A. Loho, Ake R.C Langingi, & Finni Fitria Tumiwa. (2020). HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP DALAM PENERAPAN HAND HYGIENE MENGGUNAKAN HANDRUB DI RUANGAN RAWAT INAP MELATI A DAN B UPTD RSUD KOTA KOTAMOBAGU. Graha Medika Nursing Journal, 3(1), 59 - 65. Retrieved from https://journal.iktgm.ac.id/index.php/nursing/article/view/87

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang menggunakan alat ukur kuesoner. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif analitik yang bersifat korelatif dengan pendekatan cross sectional dengan sampel 30. Analisis yang digunakan ialah analisis univariat dan analisis bivariat dengan menggunakan uji chi-square.

Tujuan penelitian ini diketahui hubungan antara pengetahuan dengan sikap dalam penerapan hand hygiene diruangan rawat inap melati A dan B RSUD Kotamobagu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan dengan sikap dalam penerapan hand hygiene dengan hasil p-value=0,003.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada hubungan pengetahuan dengan sikap dalam penerapan hand hygiene menggunakan handrub diruangan rawat inap melati A dan B RSUD Kotamobagu.

PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Array